Rabu, 11 April 2012

Manegement Bandwidth dengan Delay Pools pada Squid

Pada dasarnya, tag delay pools membagi konfigurasi delam beberapa class. Sebagai contoh, jika anda mempunyai aturan bandwidth yang berbeda maka konfigurasi delay pools membutuhkan 2 class untuk mengatur 2 perbedaan tersebut. Setiap class dapat memilih untuk menggunakan pengaturan pada pool 1, pool 2, atau pool 3. Perbedaan dari ketiga pool tersebut adalah :
Pool 1
Hanya megatur pembatasan bandwidth pada keseluruhan jaringan yang melewati squid (aggregate). Semua user diperlakukan sama dalam satu pengaturan.
Pool 2
Mampu mengatur pembatasan bandwidth untuk keseluruhan jaringan dan akses setiap individu (setiap no ip) yang melewati squid (aggregate dan individual).
Pool 3
Mampu mengatur pembatasan bandwidth seperti pool ditambah dengan group dari semua host (aggregate, network, dan individual)
Untuk postingan ini, isinya pemanfaatan delay_pools untuk membatasi bandwidth untuk download. Ini termasuk cara yang paling ampuh untuk membatasi bandwidth bagi user yang sering menggunakan aplikasi sejenis Download Manager. Langsung aja yap..
Ini rule yang di tambahkan pada file squid.conf :

acl file url_regex -i \.mp3 \.exe    # tambahin extensi flle lagi ya..
delay_pools 2    # ada dua konfigurasi
delay_class 1 2   # class yang pertama menggunakn pool 2
delay_access 1 allow file
delay_access 1 deny all
delay_parameters 1 6000/6000 4000/6000

delay_class 2 2   # class yang kedua juga menggunakan pool 2
delay_access 2 allow networkku
delay_access 2 deny all
delay_parameters 2 -1/-1 -1/-1

dari rule diatas, terdapat 2 class pada konfigurasi delay pools. Class yang pertama untuk management bandwidth download file, dan class yang kedua untuk management bandwidth network keseluruhan.
Parameter -1/-1 artinya keseluruhan bandwidth yang ada..

Cara Membobol Password Hotspot/Wifi Orang Lain

Cara Membobol Password Wifi Cara Membobol Password Orang Lain  memang banyak sekali caranya teman-teman, mulai dari teknik sniff...